Senin, 23 Oktober 2017

Kuliah Lapangan Ke BAPELITBANGDA

                                                           Foto Bersama Kepala Bapelitbangda

Kami Mahasiswa/i Teknik Elektro Jurusan Informatika Universitas Sam Ratulangi, melakukan Kuliah Lapangan pada tanggal 17 Oktober 2017 ke BAPELITBANGDA Kota Manado. Yang mendampingi ketempat tersebut ialah Dosen Pengampuh kami Yaulie Rindangen ST, M.SSc, MM. Dan saat kami tiba di tempat, disambut langsung oleh Kepala BAPELITBANGDA yaitu Dr. Liny Tambajong, ST, M.Si. Disana kami mendapat penjelasan tentang cara kerja dan manfaat SIG/GIS bagi Kota Manado. Penjelasan itu sendiri dijelaskan oleh Ibu Liny selaku kepala BAPELITBANGDA beserta Tim Kerja yang mengembangkan SIG/GIS di Kota Manado.

                                                Foto bersama Ibu Liny selaku Kepala Bapelitbangda

Disana kami mendapat beberapa penjelasan contohnya melalui peta yang telah dikembangkan, pemerintah bisa memantau siapa saja yang sudah/belum membayar pajak. Cara kerjanya, dengan adanya data yang dimasukkan dari setiap kependudukan dmaka dibuatlah letak pada sebuah peta yang langsung mengaksesnya dengan data yang telah dimasukkan pada database yang telah dibuat. Dan juga Pemerintah Kota Manado membuat sebuah aplikasi guna memantau keberadaan khusus bagi pegawai pemerintah melalui peta.

                                                           Foto Di Studio Big Data

Selain itu, kami juga berkesempatan mengunjungi studio Big Data dan Cerdas Command Center (C3).
          Di studio Big Data, kami mendapat penjelasan tentang solusi atau cara menangani tempat kumuh diberbagai lokasi di Sulawesi Utara, yang di tangani oleh Tim Kotaku. Solusi dan penanganannya bertujuan menjadikan Kota Manado, Kota Parawisata menjadi lebih baik.


                                   Foto 12 Aplikasi Smart Solutiona Pada Ruangan Cerdas Command Center (C3)

Sedangkan di Cerdas Command Center (C3), kami mendapat kesempatan dengan diperlihatkan 12 aplikasi Smart Solution yang di kerjakan atau di kelola di ruangan C3. 12 aplikasi Smart Solution terdiri dari aplikasi Qlue, e-Gol, Taupang, siTasya, Lapor Manado, RICCA, siGita, Manado 360, ekon, ePuskesmas, Kanal Resmi Pemerintahan Kota Manado, dan Radio Komunikasi Gagak.

Pada kunjungan Kuliah Lapangan ini kami mendapat tambahan pelajaran serta informasi tentang manfaat serta cara kerja dengan menggunakan metode SIG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar