Kamis, 21 September 2017

Tugas 5. Review Karya Ilmiah Tentang Proyeksi UTM



UTM (Universal Transerve Mercator) dikembangkan oleh Amerika Serikat Army Corps Of Engineers pada tahun 1940-an. Di Amerika Serikat daerah berbatasan, menggunakan model ellipsoid (Clarke 1866) digunakan untuk daerah sisa bumi, dan termasuk bagian Hawai menggunakan ellipsoid internasional.
Dan UTM sendiri memiliki artian yaitu metode grid berbasis menentukan lokasi dipermukaan bumi yang merupakan aplikasi praktis dari 2 dimensi.
                                                     
Proyeksi UTM terdiri dari beberapa ciri, yaitu :
1. Proyeksi bekerja pada setiap bidang Elipsoide yang dibatasi cakupan garis meridian dengan lebar 6º yang disebut Zone.
2. Proyeksi garis Meridian Pusat (MC) merupakan garis lurus vertical pada tengah bidang proyeksi.
3. Proyeksi garis lingkar Equator merupakan garis lurus horizontal di tengah bidang Proyeksi.
4. Grid merupakan perpotongan garis-garis yang sejajar dengan dua garis proyeksi pada butir 2 dan 3 dengan interval sama.
5. Faktor skala garis (scale factor) di Pusat peta adalah 0.9996, artinya garis horizontal di tanah pada ketinggian muka air laut, sepanjang 1 km akan diproyeksikan sepanjang 999.6 m pada Peta.
6. Penyimpangan arah garis meridian terhadap garis utara Grid di Meridian Pusat = 0º, atau garis arah Meridian yang melalui titik diluar Meridian Pusat tidak sama dengan garis arah Utara Grid Peta, simpangan ini disebut Konfergensi Meridian. Dalam luasan dan skala tertentu tampilan simpangan ini dapat diabaikan karena kecil (tergantung posisi terhadap garis Ekuator).

Dan mengapa proyeksi UTM digunakan karena,
- Kondisi geografi negara Indonesia membujur disekitar Garis Katulistiwa atau garis lingkar Equator dari Barat sampai ke Timur yang relatip seimbang
- Untuk kondisi seperti ini, sistim proyeksi Tranvers Mercator/Silinder Melintang Mercator adalah paling ideal (memberikan hasil dengan distorsi minimal).
- Dengan pertimbangan kepentingan teknis maka dipilih sistim proyeksi Universal Transverse Mercator yang memberikan batasan luasan bidang 6º antara 2 garis bujur di elipsoide yang dinyatakan sebagai Zone.


                                      
Sulut (Manado) Zone UTM yang bertitik Koordinat yaitu:
Coord_X = 124.8383
Coord_Y = 1.4829
Zone_UTM = 51 North





Tidak ada komentar:

Posting Komentar